Address
304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

Work Hours
Monday to Friday: 7AM - 7PM
Weekend: 10AM - 5PM

Sosialisasi Kampung Literasi Cisontrol (KLC) Fakultas Ilmu Budaya UTama

Kampung Literasi Cisontrol dibentuk dan diresmikan di Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis pada tanggal 24 Agustus 2019. Desa Cisontrol terletak di sebelah utara Kabupaten Ciamis, tepatnya di Kecamatan Rancah, sekira 40 km dari ibu kota kabupaten. Desa ini berada di ketinggian ±360m/dpl.

Kampung Literasi Cisontrol terbentuk atas inisitif warga masyarakat yang hadir pada rapat bersama yang terdiri dari para relawan dari Bandung, pemerintah desa, orang tua, siswa, mahasiswa dan dosen, juga Rektor Universitas Widyatama dan Rektor Universitas Galuh. Selain itu, rapat dihadiri juga oleh beberapa dosen senior dari Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Widyatama, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Galuh, Program Studi Bahasa Inggris Universitas Widyatama dan Program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Galuh bekerjasama untuk keberlanjutan program literasi, masyarakat menilai bahwa program-program pendidikan yang dilaksanakan di luar jam sekolah harus dilanjutkan walaupun kegiatannya tidak diselenggarakan setiap hari. Dibentuklah suatu lembaga pendidikan yang dinamakan Kampung Literasi Cisontrol atau disingkat KLC.

Pada tanggal 27 April 2024, jajaran tin Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Widyatama melakukan sosialisasi kegiatan KLC ke masyarakat Cisontrol. Kegiatan tersebut di hadiri oleh Bapak Dekan dan tim FIB Universitas Widyatama, Tim KLC Universitas Galuh, Aparat pemerintahan desa Cisontrol dan masyarkat Desa Cisontrol. Dalam sosialisasi tersebut disampaikan juga program-program yang nanti akan dilaksanakan dalam kegiatan KLC antara lain: kursus Bahasa Inggris, Kursus Bahasa Arab, Pojok baca/perpustakaan Desa yang tentunya program-program tersebut dapat diikuti oleh semua masyarakat dari siswa SD, mahasiswa hingga orang tua.

Berita Terkni